Explore "secelumit" Jogja




rasanya masih ketagihan flash back ke masa lalu.. yuk yuk saya ajak mengenang "sedikit" pengalaman jalan-jalan di Malioboro dan sekitarnya. dengan naik kreta api bisnis pramex (tarif Rp.9.000 solo-jogja), hari Sabtu nan cerah itu saya dan sahabat saya Ulli berangkat ke Jogja. perjalanan memakan waktu sekitar 2jam, yang saya suka dari kereta api ini adalah selalu on time. jadwal kedatangan+keberangkatan selalu sama dengan yang tertera di dalam karcis pinky.nya :D



pukul 9.00 kami sampai di stasiun tugu. hari itu Jogja cukup menyengat, namun its ok,,ga masalah. jujur sampai di sana kami belum menetapkan tujuan. akhirnya kami pun memikirkannya sambil jalan di pinggiran malioboro. sudah ke Malioboro kan? tentu sudah. saya percaya sebagian besar masyarakat pulau jawa sudah tidak asing lagi dengan jalan sepanjang 1km ini. malioboro berasal dari bahasa sansekerta yang berarti "karangan bunga". loh? kok bisa? padahal kan sekarang jalan itu dipeuhi cindera mata? bukan karangan bunga,kan? ya bisaa...kan dulu jalan yang pernah menjadi basis perjuangan saat terjadi agresi militer Belanda ke 2 ini selalu dipenuhi karangan bunga setiap kali kraton melakukan perayaan.

nah, di sepanjang jalan Malioboro, kita akan menemui ratusan bahkan ribuan pedagang cinderamata. kalau mau kulakan aksesoris saya sarankan di Malioboro saja. karena, disini harganya benar-benar miring "kalau kita bisa nawar". salah satu kriteria agar lebih mudah menawar adalah berkomunikasi dengan bahasa jawa. karena, kalau kita pake bahasa indonesia apalagi inggris, para pedagang lebih berani menaikkan harganya. gituu..

eia, kembali ke aksesori lagii,,ini fakta dan saya mengalaminya. saya pernah beli gelang di malioboro, Rp 10.000 dapet 4, itupun manik-maniknya bagus. nahh,,sampai di boyolali saya iseng melihat-lihat acsesori di sebuah "Supermarket". saya menemukan gelang yang bener2 miriiipp bahkan sama persis yang di jual diMalioboro, dan harganyaa?? Rp.15.000 untuk sebuah gelang..!!

hmm..bsk2 kalau ke Malioboro saya akan mborong gelang dan saya jual di boyolali..hehehe

Sesampainya di pertengahan jalan, kami mampir ke Pasar Beringharjo terlebih dahulu. pasar ini terkenal dengan harganya yang miring. biasanya harga di pasar ini adalah harga pas, jadi kita ga bisa menawar. kalaupun bisa selisihnya cuma tipis. setelah mendapatkan Jam tangan dan kerudung dengan harga murah, kami melanjutkan perjalanan menyusuri Malioboro hingga sampai di bangunan yang berhalaman luas nan unik. yap! Benteng Vredburg!


Benteng Vredburg dibangun pada tahun 1765 oleh Belanda untuk menahan serangan dari Kraton Jogjakarta. untuk memasuki kawasan ini, kami cukup merogoh kocek Rp. 3000,-. fasilitas yang kami dapatkan adalah : Perpustakaan, ruang pertunjukan, ruang seminar, diskusi, pelatihan, audio visual, free hotspot area, guide, livingroom, Mushola, Toilet.

di benteng ini terdapat banyak koleksi peninggalan Belanda. kita dapat melihatnya dengan puas di dalam Museum.. namun sayang, mendung tiba-tiba menyapa dan hujanpun turun. hal ini menghambat perjalanan kami yang harus berteduh di emperan benteng berbagi tempat dengan para pasangan sejoli..ahihihii..saya dan ulii yang memang "belum" doyan pacaran menghibur diri dengan bernarsis-narsis ria sembari berpose bersama gulali berbentuk Hati yang kami beli di jalanan Malioboro tadi.


ok, hujan pun reda, kami menuju Mushola untuk beribadah. di samping Mushola berjajar beberapa sepeda onthel JADul. ternyata kita bisa menyewanya seharga Rp.5.000,- untuk mengitari benteng plus topi ala kompeni!

selesai mengitari benteng, kami menuju ke taman pintar yang terletak di belakang benteng. Namanya juga taman pintar, otomatis tempat rekreasi ini penuh dengan hal-hal yang berkaitan erat dengan tehnologi, ilmu alam. serta ilmu terapan. taman ini dibangun untuk meningkatkan rasa ingin tahu anak-anak agar lebih giat belajar. memasuki kawasan ini, kami tidak hanya dapat melihat berbagai jenis sains yang diperagakan, namun kami juga dapat menyentuhnya bahkan mengoperasikannya secara langsung.



untuk memasuki kawasan ini, bisa gratis bisa bayar. kalau pengen gratis ya belajarnya di luar gedung ssaja. disana sudah ada banyaaakkk sekali wahana untuk meningkatkan pengetahuan kita. ada kolam air mancur untuk belajar pelangi, ada parabola, gong perdamaian, ungkat-ungkit, dan masih banyak lagi.

kalau pingin masuk ke dalam gedung, kami harus merelakan uang Rp.15.000,-. trus kalau pengen nonton bioskop 3D kami juga harus merelakan fuluz Rp.15.000 lagi. but its ok, untuk menambah pengalaman dan pengetahuan.

namun sayangnya kamii terlalu semangat untuk menonton bioskop..saat memasuki gedung, kami hanya sempat bermain di beberapa wahana (cuma 2) dan langsung menuju bioskop karena takut akan ketinggalan film.

eh ladalah, keluar dari bioskop, kami berniat untuk kembali ke tempat wahana-wahana yang belum kami coba namun sayang ohh sayang,,pak security melarang kami untuk kembali..soo..ini pelajaran aja buat kamii,,lain kali kalau ke taman pintar,nonton bioskopnya akhir-akhir saja, dipuas-puasin dulu menikmati wahana lain,,huhuhu.. mubazir deh uang Rp.15.000,- .,cuma dipake buat nyobain 2 permainan aja,padahal ada ratusan yang belum dicoba :(.

yawis,,kami keluar,,sholat ashar dan kembali menelusuri Malioboro ke arah barat..naa..disinilah kami hunting BULE!!!! yey!!!

ada rombongan bulee..4 orang laki-laki semua,,yang 2 bapak-bapak,,yang 1 bayi..yang 1 balita..
mendekatlah kami dan terjadilah conversation
U+P : excuse me sir..may we take a picture with you and your familly?
Bule : just ask him (sambil mlirik ke brunoo)

P : hello..what's your name, dude?
Balita : BRUNO!!!!!! (jawabnya nyolottt :( )
U : hey bruno,,where are you come from?
Balita : melirik ke arah kami dengan tatapan yang TIDAK bersahabat
U+P : cengar cengir salting bingung muw ngomong apaan,,mana 2 bpak2 itu cuek,,yang 1 ikutan mlirik yang satu diem aja kayak orang cemburu.
U+P : bruno, may we take a picture with you?

Bruno : (dengan suara yang lebih lantang bahkan bisa dikatakan teriak) NOO!!!!!
ya ampunnn,,nih anak kerasukan setan ringin kali ya?! galak bgt >< pdahal mukanya unyu unyu abiss!! ya udah,,finally sang Bapak merelakan diri berpose sama kamii..Bapak yang satunya mlirik mulu,,(jgn2 pasangan hom*)

selesai di bintal bruno, kami foto lagi,,lagi..lagii..dan lagi dengan para bule, yang lain mah ramah2
:)





hingga sampai di depan stasiun tugu..kami bertemu bule yang gantengnya melebihi edward cullen! asli deh ganteng gilak,,tapii dia menolak untuk foto,,haha,,yawis,,semoga dapet gantinya,,jeng jeng...!!! ada mas bule yang duduk sendirian sambil bawa gitar..kami samperin dong..kami ajak poto dna diaa mauuu!! "sure,why not :)" ohh gosh..he's soo cute^^ saat itu juga saya bilang ke uli : akuu mmau jadii bini dia!! hahahaha..ini nih orangnyaa...


selesai ngobrol baa bii buu..kami masuk ke stasiun, beli tiket,,dan menunggu sang pramex tiba,,di sela-sela menunggu, saya menyempatkan diri untuk memandang mas bule yang sedang menanti jemputan..ehh laa,,dia juga liaat ke arah sayaa..aw aw aw..saya beranikan diri untuk melambaikan tangan,,ee,,dia membalasnyaa,,ohh ya ampuunn..suddenly saya berteriak :
"whats your name?" dia jawab "i'm SAM!! and you?" i said "PENNY.." He : "chenii??" Me : "NO! PENNY!..u should vsit SOLO! i'll wait for you!" Sam : "Ok..i will",,haha..tahukah kawan? saat itu rasanya saya seperti terbang ke angkasaa...*wink*
namun, kebahagiaan itu hanya sesaat..saya berniat nyamperin dia, eh sampai pintu stasiun I saw him cipika-cipiki with another bule girl who was soo sexy and beauty!! yahh,,ceweknya kali ya..si Sam wajahnya kliatan bungah banget >< ya udah,,kalo jodoh ga lari kemana,,hahaha..ok,,the pramex came and,,,bye Jogja,,see u on the next vacation!



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bangkok-KL-Singapore

Bangkok - chatuchak market - chulalongkorn universty

Teruntuk Sailor Jupiter, Makoto..