Travelling Thailand

Thailand - Sudah sekian hari merencanakan untuk nge-post tentang pengalaman mbolang pertama saya ke luar negri, namun baru sempet ngusir males nya sekarang :)
baiklah, saya akan bercerita sedikit mengenai perjalanan tersebut hingga akhirnya dapat menapakkan jejak kaki di negri  putih Thailand ^^

Cerita bermula manakala saya selesai sholat dhuhur di gedung A. saat melewati lorong keluar yang sempit dan berbau kertas ituu, tiba-tiba mata saya tertuju pada papan pengumuman berhiaskan sebuah pamflet berukuran A3 dengan background Chulalongkorn University - Bangkok Thailand.
YAp! sejenis publikasi tentang konferensi pendidikan dengan tema pengembangan pendidikan di Asia. *ping* mata saya langsungg ijooooo menyala2, dan kobaran api mulai muncul di atas kepala saya! _bohong ding_ intinya saya langsung semangat 45 untuk mencari informasi tentang acara tersebut. saya catat website nya dan sampai kost langsung tanya kepada mbah google. hmmm ternyata acaranya masih juli 2012 (saat itu awal tahun 2012). oke, saya save page, trus lupa sesaat dehh :D

taraaaaa, setelah melewati berbagai cobaan , badai, ranjau dan rintangan yang menghadang *lebay* akhirnya, finally, invitation letter dari Dekan Fakultas Pendidikan Univ Chula sampai ke tangan kami (ari, mia, dan saya). Kami berhutang budi pada salah satu panitia, yaitu Proff. Rudheerat (bener gak ya tulisannya). jadi kami saling kirim e-mail tanya ini itu, minta tolong ini itu.. dan beliau gak setengah-setengah lho bantuinnya. biasanya kan kalau invitation maupun acceptence letter semacam itu dikirim via e-mail kan ya? nahhh,,, yang ini bedaa mameen! Beliau ngirim via Pos Langsung dari Bangkok! wuss kami jadi senyum semangat buat berangkat :D

Persiapan untuk berangkat kesana bisa dikatakan simpel. Kami (mba atin, ari, mia, dan saya) hanya kumpul 3x untuk membahasnya. Itinerary sengaja disusun sedemikian rupa agar dapat menginjakkan kaki di 3 negara sekaligus, Thailand, Malaysia, dan Singapore. dan, gaya bepergian kami ala backpaker lho.. jadii no koper just ranseL! ><

5 July 2012
dag dig dug hari yang dinanti pun tiba :D
kami terbang dari Ahmad Yani Semarang. Tahukah kawan apa yang kami bawa? kami bawa amunisi! hahahahaa soalnya semelang yen gak doyan maeman disana.. sii mia bawa abon, saya bawa telur asin, ari bawa beras, dan mba atin bawa kompor..hahaha bohong ding :P kami cuma bawa abon dan telur asin (yang akhirnya gak kemakan).

Ok, kami pun antri di loket imigrasi untuk mendapatkan cap di paspor. Jujur saya agak takut karena paspor yang saya gunakan adalah paspor 24 halaman yang memang diperuntukkan untuk TKW-TKI *kebodohan disemester 2*, untuk itulah saya antri di depan mia agar kalau terjadi sesuatu "my guardian angel" dapat langsung bertindak #eeaaa. alhmd paspor saya hanya dicap dan dipelototi kemudian saya dipersilahkan untuk masuk ke ruang tunggu. yee^^ saat di ruang tunggu si mia berkisah intinya, gara-gara paspor saya 24 halaman, dia ditanya2i oleh petugas imigrasi "ini kok gak ada nama PT nya?" ahahaha mia dikirain TKW xD. kisah mia si TKW belum selesai, teman.. sesaat setelah kami tertawa akan kejadian tersebut, tiba-tiba datanglah wanita paruh baya yang terlihat kebingungan. dia mendekat ke arah kami dan bertanya pada mia, apakah mia orang suruhan Bu *siapa* dari malaysia? kontan kami jadi kebingungan dan saling pandang, lalu mia menjawab, bukan.. kemudian si ibu bercerita, katanya dia bisa berangkat ke malaysia bareng sama orang suruhannya yang pakai baju dengan warna persis seperti yang dikenakan mia tapi ada garis hitamnya. hkhkhk alhamd si ibuk akhirnya menemukan kawan nya yang baru pertama kali itu bertemu dengannya :D

singkat cerita, pukul 8.30 wib pesawat dengan slogan "now everyone can fly" mengantarkan kami sampai KLCC. setelah sholat, kami bergegas keluar terminal dan menanti bus jurusan Puduraya datang. eia, kalau di negri orang dan kebingungan silahkan bertanya pada petugas atau orang yang kliatan berkompeten untuk menjawab pertanyaan kita :D

Yayy "Ketibaan Antarabangsa"

Harga tiket bus dari KLCC-Puduraya 8 RM. perjalanan sekitar sejam. lamaaa tp asyik , saya duduk di depan jadi bisa liat petronas n KL tower dengan jelas :D Sampai sekitar Puduraya, dengan bantuan bapak2 dari thailand Selatan, kami diantar menuju loket bus yang menjual tiket tujuan Hat-Yai, harga bus 50 RM. Eia, terminal Puduraya kalau di Indonesia setara dengan bandara! baguss, bersih, dingin! mewah!

Pukul 1 am waktu setempat, Konsortium Bus Express melaju menuju Hat-Yai. Bisnya bagussssssss banget! Kursinya Gedhe, jarak antar seat jg lebar, jadi kita bisa rebahan dan terlelap. Eia, selama perjalanan, Pak Sopir nyetel kaset.e ungu dan wali lhoo.. hahaha jadi berasa di Indonesia! Sampai di perbatasan, bus nya berhenti sejenak untuk cek imigrasi. Ke imigrasi Malay dulu, untuk dapet cap kepergian, baru deh lanjut ke imigrasi Thailand untuk dapet cap kedatangan.

6 July 2012
Horeee kami sampai Hat-Yai^^ yeeyy yeeeyyy. Hat-Yai merupakan nama kota di Thailand Selatan dan berdekatan dengan perbatasan Malaysia. Jadi disini belum begitu berasa thailand.nya, masih banyak dipengaruhi unsur melayu :) Sii Bus konsortium menurunkan kami di jalan Phrataciphat Rd. Selanjutnya kami mampir dulu di agen perjalanan untuk membeli tiket bus tujuan Hat-Yai - Bangkok sekaligus bersih diri dan menitipkan tas. gratis! eh iya, harga tiketnya 850 Bht.

Pagi itu kami berjalan menelusuri Phrataciphat Road untuk mencari sesuap nasi halal. namun apa daya uang tak sampai. hahaha.. Untung ada toko SeveneLeven :D akhirnya kami membeli  nasi instant seharga 29 Bht. sambil menanti kabar dari kak Asma dan Lohmi (teman asli Thai yang akan menemani kami ke Bangkok) , kami melahap nasi kotak tersebut di pinggiran jalan lengkap dengan bau got yang menyengat namun tetap berasa lezat.*heekk

Eia sekedar info nih yaa,,harga tiket di agen lebih mahal kurang lebih 150 bht dibandingkan bila kita membelinya langsung di terminal. Tapi tak apalah untuk pengalaman dan itung2 sedekah..hahaha
well, setelah kenyang tiba-tiba kak asma telpon mia dan menyuruh kami ke Hamid Restaurant, kata dia ibunya kerja disana dan kami disuruh kesana untuk dijamu gratis.. waaaaaaaaaaaa tiiwas makan T,T yasudah, daripada kluntang kluntung, kami pun berjalan menuju Hamid Restaurant yang ternyata cukup dekat dengan pangkalan kami tadi. Sampai disana, waduhh restaurant nya cukup bagus, pasti mahal gilak harganya.. dan benar.. harganya lumayan ehhmm.. tapi alhamdulillah, ternyata si Asma merendah, Ibunya emang kerja disana, kerjanya mantau n ngawasin pelayan soalnya beliau yang punya.. hehehehe

well, setelah ari sholat jumat bareng pelayan di Resto tersebut, Lohmi datang dan tanpa pikir panjang langsung memesan makanan untuk kami ber4. setelah kenyang dengan makanan asing tersebut, kami menghabiskan waktu sampai pukul 5 dengan ngobrol apapunlah.. nyusun rencana what will we do saat sampai di Bangkok besok pagi. Then, lohmi balik ke rumah temannya dan kami akan bertemu lagi di termial. Sebelum berangkat ke terminal, saya menyempatkan diri terlebih dahulu untuk menabung di agen perjalanan tadi. hahaha namanya juga nabung di negara orang, jadi dibutuhkan koonsentrasi lebih tinggi untuk mengeluarkannya. hkhkhk. alhasil, mia harus menenangkan triakan sopit tuc tuc yang memang sudah disiapkan oleh pihak agen untuk mengantarkan kami ke terminal. inilah yang membuat saya terharu, sembari mbak atin dan ari memberesi barang-barang saya dan membawanya ke dalam tuc-tuc, mia tetap setia menanti saya keluar dari bilik WC tersebut sambil menahan tekanan jiwa karena si sopir tuc tuc triak2 mulu,, hahahaha

Pukul 6 pm bus kami berangkat menuju Bangkok. kami pakai bus tingkat dan dapet snack berupa biskuit semacam slai o lay sekaligus air mineral 300 ml. hmm lumayan.. Pukul 1 pm bus behenti di sebuah tempat peberhentian yang bernama Chumpon. Disitu menyediakan berbagai macam masakan. jadi semacam food court gituu, lengkap ada kamar mandi yang berjajar, Mushola, Cafe, dan toko-toko souvenir. tiket yang kami beli sudah termasuk tiket makan malam, jadi kami diajak lohmi menuju foodcourt makanan halal. jujur saya cuma makan 2 sendok, selain tidak lapar, lidah saya kurang bisa menerima cita rasa makanan  tersebut. *nggayaa :P

Selesai makan kami bergegas kembali ke bus, tapiii deng doooongggg.. busnya kosong ! ternyata semua penumpang dialihkan ke bus lain karena AC nya mati.. zzzzzzzz -___- saat akan naik ke bus yang baru, seatnya sudah penuh T,T apa-apaan ini .. akhirnya kami ber5 memutuskan untuk menunggu bus selanjutnya dan alhamdulillah tidak sampai setengah jam bus tersebut datang.. yeeeyyy ^^ marii tidurrrrr dan besok saat bangun sudah sampai di Bangkok :D