Bangkok-KL-Singapore


Halo.. karena terdesak oleh sebuah janji untuk menceritakan detile perjalanan 5 bulan silam terhadap salah seorang teman, so, kisah tentang CESA saya skip dulu ya.. jadii saya mau langsung cerita focus pada perjalanan pulang sekaligus budget yang dikeluarkan J

Baiklah, setelah CESA ditutup dengan kunjungan ke sekolah “unik” yang berada di Bangkok (namanya “roong a roon” nanti saya ulas deh ;) ), kami kembali lagi ke Universitas Chulalongkorn. Barang bawaan kami yang paling naudzubillah dah ,, nih liat :



Bener-bener males banget kl ngebayangin dari  thai-malay-sgpore ke indo musti nenteng tuh barang2 T.T
Oke, dari Chula ke stasiun Bangkok, kami naik  tuk-tuk pinky ^^.. perjalanan ditempuh kurang lebih 10 menitan cuz emang deket plus tuk-tuk nya ngebut :D biaya : 50 Baht.


                                       
Nah, dari stasiun Bangkok, kami naik sleeper train menuju ke Hat-Yai. Tiketnya sudah kami beli sehari sebelum keberangatan. Harganya 855 Baht atau kisaran Rp. 256.000. Di Indonesia belum ada jenis kereta semacam ini. Jadi, sleeper train itu, kereta api yang kursinya dapat diubah menjadi tempat tidur. Emang bener kata beberapa backpacker, kalau pengen lebih cepat, mending naik bus saja. Tapi kami nekat pengen ngerasain gimana bobo di sleeper train.



Cukup nyaman, ada bantal, selimut, semua bersih. Tapi ya itu.. super lelet.. beneran dah.. kalau naik bus bisa ditempuh kurang dari 10 jam, tapi kalau sleeper train menghabiskan waktu lebih dari 13 jam! Sekedar tips nih ya, kalau beli tiket sleeper train, pilih yang under.. jangan yang upper. 
Kelebihan dari under  :
  • Kasur lebih luas, jadi yang bobo nya ga bisa diem, ga perlu kawatir kalau-kalau kakinya nendang dinding kereta. Bahkan kasur underseat bisa buat bobo berdua lho.. tetangga kursi saya kan suami istri tuh,nah, mereka bobonya berdua gituu.. ada gordin buat nutup..jadi tak perlu kawatir kalau mau ngapa2in ga bakal keliatan :P . Sedangkan yang upper, luasnya kurang-lebih sama dengan dragbar PMI yang biasa buat ngangkat murid pingsan waktu upacara. Sialnya saya dapat yang upper T.T tapi ga apa lah..untuk pengalaman J
  • Kelebihan selanjutnya adalah : Ga perlu naik-turun tangga kalau mau nabung ke km atau jalan-jalan godain pedagang asongan.
  • Ada jendela. Jadi kalau jenuh bisa liat-liat pemandangan di luar kereta. Beda kalau di upper. Suasananya kaya di dalem rumah kapsul. Cuma bisa liat dinding, atap, atau tetangga seberang yang lagi ngorok.

4.       Emm apa lagi yaa.. ya pokonya lain kali kalau mau naik sleepertrain saya bakalan milih yang under! Walaupun ada resiko ketiban penumpang upper kalau-kalau kelebihan beban :P

Nah, berhubung sesampainya di Hat Yai sudah siangg.. kami putuskan cap cuss ke agen bus untuk membeli tiket ke Kuala Lumpur. Harga tiketnya ga jauh beda pas kami berangkat dr KL ke Hatyai, yaitu kisaran 50 RM atau Rp. 150.000. dari agen tersebut, kami diantar pake mobil menuju ke pemberhentian bus. Langsung dah menuju KL. Kalau ga salah kami berangkat dari Hat Yai pukul 9 am , sampai KL pukul 7 pm.
Di terminal Puduraya, kami ke tempat penitipan barang dl. Aduh saya lupa 24 jam per tas besar kena tarif berapa ya T.T harganya standard kok pemirsa bahkan pretelan-pretelan tas kecil dihitung jadi satu dengan ransel yang gedhe. Jadi tak perlu sungkan bagi para pelancong yang berbudget pas2an untuk menitipkan barang2 segede gabang anda.  

Dari Puduraya, kami berjalan ke arah barat menuju  Petaling street yang jaraknya hanya 30 meter. Rameee banget! Petaling street itu semacam jalan yang dipenuhi oleh penjual berbagai souvenir, baju, buah, makanan, tas, parfum, dari yang asli hingga yang KW-KW gitu komplit lah.. disana saya beli buah melon khas malay,,hahaaha jane rasane ya podho wae :P

Setelah pusing-pusing, kami mulai kecapekan bingug mau istirahat dimana yang murah meriah atau gratisan gitu *dasar . KFC? MCd? Cari mesjid? Atau di halte bus? Rasanya kaki sudah tak mau diajakin kompromi T.T di tengah keputus asaan kami, tiba-tiba ada seorang raksasa yang membuyarkan lamunan. “HEY!” begitulah suaranya sembari mengibaskan tangan ke arah kami. Jujur saya sudah keder deg-deg.an takut kalau-kalau disambangi preman terminal >,< . tak disangka tak di guga ternyata raksasa ituu adalah Serdar! Teman sekelas kami yang asli buatan Negara Turkmenistan! Rupa-rupanya dia sedang melancong ke KL.. phhiuuuhhh.. lega rasanya.
Solusipun muncul manakala dia menawarkan kami untuk menginap di hostel backpacker yang murah meriah..horee^^ pokonya per orang bayar sekitar Rp.60.000/malam kl saya itung-itung pake rupiah. Itu udah dapat breakfast roti, teh, kopi, susu, ambil sepuasnya tapi kita buat sendiri.

Nah di hostel tersebut saya bertemu dengan Emak Syaidah, wanita paruh baya yang bekerja sebagai cleaning servis. Wajahya mirip nenek saya yang sudah di syurga. Beliau bercerita banyak hal kepada saya tentang ketakutannya terhadap orang india yang mengakibatkan beliau tak mau pergi terlalu jauh dari rumahnya.  Nanti kalau ke Malay lagi rasanya ingin sekali bertemu beliau dan membawakannya batik solo. :D.

Tepat hari Jumat itu, kami check out kemudian jalan-jalan ke Bukit bintang, Petronas, KL Tower, dan Masjid Jamek. Apakah perlu saya  jelaskan satu-per satu? Kapan-kapan aja ya? :P




Malam nya kami kembali lagi ke Puduraya untuk mengambil barang dan membeli tiket bus menuju Singapura.  Harganya sama, kisaran Rp. 150-200.000 . kami berangkat tidak dari terminal puduraya tapi melalui  KLCC. Jadi dari Puduraya naik sky train dulu menuju KLCC. Kretanya penuh! Tapi gak lama kok, cepet nyampainya. Di KLCC suasana nya sama dengan Puduraya namun lebih sepi dan bersihhh banget!!! Sama bandara solo aja lebih bersih terminal di KL! T.T

Bus berangkat pukul 8 kurang, sesampainya  di Singapore pukul 1 dini hari plus kami diturunin di “red district” nya sigapore! Kami adalah penumpang terakhir bus dan saat turun pemandangan yang kami temui adalah ratusan manusia keluar dari sebuah gedung dengan badan sempoyongan sembari menenggak bir! >< belasan cewek mulus berpakaian seronok pada mabuk, malahan ada yang  mau mlorot-mlorot gt bajunya. Takut banget! Banyak taksi lewat tp sudah berpenumpang semua. 

Changi dimana changi?? Akhirnya saya dan ari memberanikan diri bertanya pada bapak-bapak yang terlihat waras dan sadar (soalnya lagi nyetir mobil n berhenti mau nyebrang). Beliau berkata changi masih sangat jauh, mending ke stasiun MRT. Gt lah intinya.. saya langsung nyletuk ke ari, “Ri, bapak nya baik banget ya? Mau-maunya jemput anak-anak nya pulang dugem” si Ari nyengir “Itu bukan bapak-bapak, tapi Om-Om! Liat aja cewek-cewek yang di mobil dia” *astaghfirullah.. bener juga T.T hahahahaa”
Setelah berjalan pontang panting dengan bawaan 20kg, kami bertemu dengan polisi yang sedang berpatroli. And guess what??? Mereka menyarankan kami untuk segera pergi jauh dari wilayah tersebut ! 

alasan : polisi sudah sering kewalahan menghadapi criminal di daerah ituu..

Huhuhuuu akhirnya ada taksi kosong, tanpa pikir panjang langsung minta antar ke  changi! Tariff??? Naudzubillah.. ari said “bisa kere kalau kita nggembelnya naik beginian” hahahahaa.. yang penting sampai changi dengan selamat dah.. disana kami lanjut tiduran dikiit soalnya masih jam 3 dini hari.. masih sepi dari aktifitas dan ada beberapa backpacker yang tidur disana juga. Bersih. Gedhe banget. Mall. Bukan bandara :P tapi dua hal yang bikin  saya agak gimana gituu sama nih bandara :
1.       Ac nya duingiiinnnn bgt bgt bgt pdahal udah pake jaket T.T
2.       Harus istinjak! :P
Tapi tak apalah.. Changi akan menjadi “rumah” kami selama di negeri singa tersebut . J


Welcome to Singapore!

di dalam bus menuju Sentosa Island 







Komentar

  1. Halo Mbak Penny.
    mau nanya ni, berarti dari Bangkok ke KL bisa naek bus ya atau kereta? butuh berapa hari ya nyampe ke KL? saya rencana ke Bangkok Sept ni tapi bingung nyari info tentang bus or kereta ke KL dari Bangkoknya. terima kasih kalo mau sharing :)

    BalasHapus
  2. halo mbak fuchsia.. sebelumnya terimakasih sudah mampir ke blog :D
    dari bangkok ga bisa langsung ke KL, tp oper dulu.. kita oper ke Hatyai (thailand selatan, dekat perbatasan malaysia) baru deh dari Hatyai ke KL. nah, dari Bngkok ke Hatyai bisa naik bis atau kereta.. ga lama kok mba, paling cuma semalam (kalau pengen cepet, naik bis aja, soalnya keretanya lelet bgt mba, selisih 3jam.an) , . trus dari hatyai ke KL bisa naik bis, dan itu lebih cepet dibandingin Bngkok-Hatyai, soalnya jarak Bkok-Hatyai lebih jauh dibandingin Hatyai-KL :)

    BalasHapus
  3. Mba,aq tanggal 2 september 2014 mau ke bangkok sampai tanggal 5,rencana mau langsung ke KL.rutenya tetap bangkok-hatyai-KL yah?
    Ke hatyai naik pa? Trus dari hatyai ke KL ambil bus resmi nya dmn? Biaya transportasi disana berapa? Hostel di bangkok dimana mba? Hotel dan tiket transport nya bisa beli online ga?
    Mohon info, kalau bisa email ke Khadijah_070@yahoo.com
    Trims :)

    BalasHapus
  4. Hi Penny,
    thanks for sharing :)
    mau nanya hostel ala backpacker di kuala lumpur itu namanya apa ya? kebetulan 4-10 sept nanti mau overland juga ke bkk & kl
    ditunggu infonya yaa, terimakasih :)

    BalasHapus
  5. Hai Runi, maaf baru balas..aku baru buka e mail tadi ..jd baru tahu kalau ada komen.. hehe. bagaimana perjalananya? :)

    BalasHapus
  6. Wah Twin Tower ya ?
    Sayang gw ga sempat foto di sana waktu dulu pergi ke Malaysia :'(

    www.travelshroom.com

    BalasHapus
  7. halo mbak, mau tanya dong, hostel backpacker yg ada di puduraya itu namanya apa ya?akhir januari ini saya ada rencana jalan ke bangkok-KL-singapura juga siapa tau bisa buat alternatif nginep hehe
    oiya,kalo dari KL ke singapura mendingan naik kereta atau bus?kira2 harganya berapa ya?
    ditunggu infonya yaa..terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. NIRMANA : Halo bak nirmana, aduhh saya baru nyadar ada yang tanya.. maaf ya mbaa.. >< saya juga lupa nama hostel di dekat puduraya, tapi yang jelas itu dari jalan masuk Ptaling ada di sebelah kanan jalan, di pinggir gang kecil seitar 30 m dr jalan utama..dari luar cuma seperti kios mungil, tapi pas masuk udah ada pantry, mini warnet, n sofa warna oranye :)

      Hapus
  8. Mbak klo boleh tau agen bus di hatyai itu apa namanya ?
    N lokasinya di mana mbak peni?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konsorsium Bus Express Mba, dulu harganya kalau di rupiahkan sekitar 180ribu :) dulu saya langsung beli di agen bus, tapi nyesel mb, ternyata selisih 50rb kalau kita naik dari terminal.. hehe..jadi saya sarankan, mbak langsung ke terminal hatyai saja n cari bus yang harga tiketnya paling oke :D

      Hapus
  9. halo mbak, kemarin aku dan beberapa teman pada bawa keluarga termasuk anak-anak menginap di daerah geylang singapura aman kok. kita pulang tengah malam ke hotel dari jalan-jalan seharian gak ada yg mengganggu walaupun banyak orang yg nongkrong di tiap ujung gang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah.. syukurlah mbaa :D mungkin saat itu kami sedang engga pas timingnya setelah ada kriminalitas sampai diingetin polisi :D semoga selalu aman..

      Hapus
  10. Asalamualaikum Mba. Perkenalkan saya Desy, saya mau tanya kalau dari Bangkok ingin ke Kuala Lumpur naik apa yah ?? Terima kasih, saya tunggu jawabannya yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsalam.. halo mba maaf baru riply.. Dari BKK naik bis dulu ke Hatyai (Thailand Selatan) atau naik kereta juga bisa tapi kereta di Thai lebih lama daripada bis, setelah Hatyai baru oper bus ke Kuala Lumpur mba. Saran saya beli tiket bus nya di terminal, jgn d agen soalnya harganya bs 2x lebih mahal.. hehe :) Selamat ber traveling ria yap mba :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bangkok - chatuchak market - chulalongkorn universty

Karena Dia selalu ada untuk hambaNya :)